Mr & Mrs. Writer part #2 : Anak Pertama Kami

Monday, October 26, 2015


Tahun 2007 akhir.

Setelah suami memutuskan berhenti bekerja dan ikut nulis stripping TV -saat itu menulis Si Entong abunawas Betawi. Kami pun memulai kisah sebagai suami istri yang sama-sama menulis, berprofesi sebagai penulis. Well... Mungkin di luar sana banyak kisah suami istri penulis yang lain, cerita saya bukan cerita super heboh or sedih lho.

Buat yang belum tahu ceritanya awalnya bisa lihat status part #1-nya smile emotikonsaya dan suami menikah dengan serba pas-pasan, kedua orang tua kami juga bukan orang berada.



Ini cerita biasa-biasa saja tentang suami istri yang sama-sama nekat jadi freelancer. Jreng jreng, 2 minggu pertama menulis bareng di rumah semua aman terkendali.

Pagi-pagi saya morning sick ala ala bumil, lemes, muntah, mual. Ini kehamilan pertama saya. 2 Bulan menikah saya hamil. Saya menulis sceneplot sampai siang. Siang sampai malam, suami menulis saya istirahat. Malam suami istirahat saya cek skenario dia, memperbaiki, merevisi sambil kasih masukan (lebih tepatnya ngomel hehe) lalu kirim naskah ke PH.
Ya maklum saja, komputer cuma satu masih butut pula. Tapi kami punya sistem kerja yang lumayan oke. Sampai kemudian head writer kami memberikan sebuah laptop seharga 6 juta. Laptop pertamakuuuh... Senengnya bukan main. Eh ternyata harus dibayar, nyicil potong honor. Udah GR duluan gue.

Dengan bantuan sang laptop, menulis jadi lebih lancar. Kalau aku malah kebanyakan ngelus laptopnya daripada nulisnya. Setelah melihat tabungan mencapai 5 juta rupiah, uang itu kami depositokan di bank syariah yang bisa diambil setelah 2 tahun. Tepat saat 2 kali cicilan laptop, jreng jreng! Si Entong diputus oleh stasiun TV. What?!!!

Aku sedang hamil 4 bulan dan kami kehilangan pekerjaan. Aku melihat buku tabungan, hanya cukup untuk hidup 2 bulan ke depan. Gimana dengan biaya persalinannya? Depositonya baru bisa dicairkan 2 tahun lagi... Wooii... Gue lahiran 5 bulan lagi. Rasanya pengen guling-gulingan di atas pizza keju.

Honor-honor juga mendadak macet. Belum lagi cicilan laptop yang masih 10 kali. Duh bener-bener bikin syok.

Suami sempat kepikiran buat ke pabrik lagi, tapi ada tawaran untuk bikin desain program sinetron baru. Dengan harapan baru, kami bolak-balik ke kantor BSP, waktu itu gabung dengan BSP. Tapi 2 bulan bikin dispro belum ada yang lolos. Uang makin menipis.

Tapi head writer saya dapat job bikin FTV. Ikut dengan salah seorang penulis senior. Jadi honornya keciiil banget. Tapi karena butuh uang saya pun mengiyakan. Itulah pertama kali saya bersentuhan dengan dunia FTV.

Bikin FTV lamaa. Acc sinopsisnya nunggu 2 minggu. Proses bikinnya 2 minggu. Honor turun 2 minggu setelahnya. Kadang nunggu sebulan, bahkan ada yang setahun. Lalu ada proyek penulisan skenario pemerintah, kita ikut juga. Tapi bayarnya lamaaa bangeet. Honornya entah kapan turun sementara kehamilan semakin membesar.

Uang yang ada hanya cukup untuk makan sehari-hari dan kebutuhan periksa setiap bulan, vitamin, dll. Masih disyukuri karena setiap kita butuh, Allah kasih.

Di saat-saat menjelang lahiran. Saya lalu pakai jurus andalan alm ayah saya kalau ngga ada duit : pasrah sama Allah dan percaya pada kekuasaan Allah. Rejeki pasti dikasih.

Kepasrahan itu akhirnya membuahkan hasil, di usia kehamilan 9 bulan novel ke-3 saya terbit. Sayang saya hanya dapat royalti berupa 100 eks buku yang kalau mau diuangkan. Buku-buku itu harus saya jual sendiri.

Ya maklum, saat itu belum ngerti soal penerbitan. Asal terbit aja udah alhamdulillah. Saat 100 buku itu datang, saya gencar jualan online. Tahun 2007 belum ada fb. Jadi jualannya dari email ke email. Suami malah bawa buku itu untuk menjajakannya dari satu sekolah ke sekolah lainnya.

Laku 1, laku 2, laku 3 alhamdulillah. Masukkan ke celengan. Satu buku dijual 25 ribu saat itu. ‪#‎kalaugalupa‬

Suatu hari suami pulang bawa uang hasil penjualan buku. Terjual 10 buku, tapi uangnya 500 ribu. Aku terharu : ini darimana, mas? Dari pak Pras, kepala sekolah SMAN 1. Katanya kamu dulu murid dia di sma 5. Pak pras beli 1 buku 50 ribu. Buat biaya persalinan.

Huwee terharuu. Pak Pras ingat sama Achi TM. Secara kalau ulangan Geografi, pelajaran beliau, aku selalu kasih nama Achi TM Bennington di kertas ulangan harian dan ulangan Cawu. Padahal namaku Asri Rakhmawati.

Semangat kami jualan buku makin membara. Apalagi tidak ada kerjaan nulis yang bisa dilakukan. Aku pun mulai jualan di komunitas sekolah kehidupan. Blak-blakan bilang jualan buku untuk biaya persalinan.

Senangnya ada yang beli buku 1 tapi transfer 100 ribu lalu kirim sms, buat beli baju si baby. Terharuu banget. Allah memang Maha Baik.

Di usia kehamilan 9 bulan lewat 1 minggu, tepat pukul 1 dinihari. Ketubanku pecah. Kami semua yang di rumah panik. Aku dan suamiku naik becak, 2kilo ke rumah sakit bersalin yang kecil. Ternyata katanya aku belum pembukaan tapi ketuban sudah pecah. Lalu dirujuk ke rumah sakit yang lebih besar, jaraknya sekitar 5 km. Kami naik angkot, bareng kakak perempuanku. Angkotnya udah bobrok pula, jalannya ndut ndutan. Duh jangan sampe deh lahiran di angkot.

Sesampainya di RSIA yang besar. Aku langsung ditangani dan disuntik untuk diinduksi. Ya Tuhan... Sakit banget. Diinduksi itu perut dibuat mules, dipaksa mules supaya baby keluar. Tapi mulesnya sakiit banget, seperti orang mau pub tapi ngga bisa keluar. Aku pun hsrus berbaring, ngga boleh tengkurap, duduk, miring apalagi nungging.

5 jam setelah induksi. Bidannya datang. Harus operasi katanya. Jreng jreng!

Ngga mau operasi! Kita ngga punya duit. Anak ini harus lahir normal! Teriakku saat itu pada perawat dan bidan.

Aku terengah-engah, aku mempertaruhkan keselamatan anakku. Tapi aku yakin Allah melindungiku... Aku tetap tidak mau dioperasi. 6 jam berlalu .....

Apa aku bisa melahirkan secara normal?

‪#‎lanjutin‬ lagi kapan-kapan.

6 comments:

  1. ya ampuun... jadi ikut deg2an :)
    Ingat adik saya ketika mau melahirkan, harus induksi, tapi akhirnya operasi caesar walaupun bayinya sudah gak ada hiks...

    ReplyDelete
  2. Seru Mba buku ini. 3 hari sy selesaikan buku Mba, ini rekor terbaru sy. Karena sy selalu penasaran setiap hal-hal nya. Sy selalu berfikir apa ini fiksi atau real?? Tp akan hal itu , sy bertrma kasih karena banyak motovasi yg dilahirkan dari buku Mba. Semoga melahirkan banyak karya lagi Mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Zul Junot, baca juga novel terbaru saya judulnya 147 Letters, terbitan Pastel, Mizan :) dijamin seruuu juga

      Delete

 
BLOGGER TEMPLATE BY Langit Amaravati