Tanya - Jawab Kepenulisan [Tips Membuat Awalan Cerpen]

Tuesday, October 2, 2012

Tanya :

Kak, bikin awal paragraf cerpen biar menarik gimana si kak?
From : Anisha

Jawab :

Langsung aja masuk ke konflik yang ringan. Misal adegan pertengkaran, dialog yang lucu atau unik, adegan yang seru seperti berlari, tertawa, atau kejadian unik. Potongan adegan itu tentu harus punya benang merah dengan keseluruhan cerita. Jangan terlalu sering memulai awal cerpen dengan "Di hari yang cerah, burung-burung berkicau." atau "Kriing suara jam beker berbunyi nyaring." bisa juga bikin kalimat yang nyeleneh seperti. "Aku sudah menjadi pembunuh. Mayat kecoak itu kini tergeletak di depanku." ;p selamat menulis :)

14 comments:

  1. bener juga yang mbak. Tapi kenapa ketika saya menulis sebuah cerpen pd sebuah event, ketika diawali dengan dialog mana dibilang membosankan?

    ReplyDelete
  2. Nah dialognya seperti apa dulu? :) kalau dialognya membosankan ya jadi bosan. Misalnya gini dialog yang membosankan.
    "Hai... pagi, Chika!"
    "Pagi!" sahut Vivi.
    "Lagi ngapain, nih?"
    "Lagi nyalin PR."

    Nah kayak gini, kan, membosankan.
    Ciptakan dialog yang agak nendang seperti.
    "Huh... Reza tuh emang cowok matre!"
    "Kenapa, sih, lo, pagi-pagi udah marah gitu?"
    "Reza, Vi! Reza!"

    atau

    "Aku udah lama mau putus sama kamu." kata Rangga di suatu pagi. Membuat Cinta tiba-tiba tersedak.
    "Kamu kesurupan apa, Ngga? Emang kita pernah jadian?"

    dst dst dst....

    :)
    Happy Writing

    ReplyDelete
  3. wiih... makasih banget mba, share ini dipersembahkan oleh achi untuk emak-emak seperti sayah yang ngotot nulis meski gak berbakat.. wkwkwkw

    ReplyDelete
  4. Sama-sama mbak Nurul :) semua orang berbakat nulis, kok :) cuma ada yang berbakat di non fiksi, ada yang berbakat di fiksi. Ayo terus diasah dan tetap semangat ya! :)

    ReplyDelete
  5. mbak mw nanya neh .... saya kan mau mebuaat cerpen tentang transexual ... tapi bingung mw buat paragraf pertamanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya ngga bisa kasih komen kalau untuk tema itu hehehe. Beda prinsip soalnya ^^

      Delete
  6. Kak saya ada sinopsis ftv nih. Tapi saya nggak pede mau mengirimkan ke ph. Kalau saya kirim ke kakak, lalu kakak kasih tau kurangnya dimana bagaimana Kak? bolehkah Kak? Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Agni, boleh-boleh aja sih, tapi akhir-akhir ini sedang banyak naskah yang harus sy prioritaskan untuk dibaca dan diberi masukannya ^^

      Delete
  7. Mbak, mau dong belajar menulis cerpen yang efisien :D
    saya hobi menulis dri 1 SMA tapi cuman bikin puisi, kalo cerpen masih glegepan. hehhee..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo Raka, dibuat saja dulu cerpennya. Kalau belum nyebur, kamu belum tahu gimana dinginnya air. Kalau belum nulis, kamu belum tahu apa yang belum kamu tahu. Okeey? Kalau ada yang mau ditanyakan komen aja di sini ^^

      Delete
  8. Belajar memahami cara membuat pembuka cerpen,
    Selain awal cepen, saya msh belum bisa dengan wajar membawa klimak ---->antiklimaks. bisa dijelasin atau diberikan pencerahannya Mbak?

    Terima kasih

    ReplyDelete
  9. kalau mau buat awalan cerpen tentang pengalaman sendiri itu gimana?

    ReplyDelete
  10. salam kenal semua yang ada disini. Saya newbie blm paham banget cara penggunaan n penyebaran blog. Mohon bantuan kawan2 disini utk melihat kritik dan saran pada blog saya. Karena saya ingin sekali menjadi blogger. Mohon bantuan para pakar yg cantik2 dan gantenh2 disini ya.. Ini blog saya semoga sudi berkunjung dan memberi masukan yang positif dan mau berkawan ya pastinya ... the7thskyprod.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  11. Boleh kasih contoh awalan cerpen yg menarik gak? Please

    ReplyDelete

 
BLOGGER TEMPLATE BY Langit Amaravati