[Motivasi Menulis] Ngga Mau Rugi

Tuesday, February 14, 2012

Ngga Mau Rugi 


Apa motivasi Anda menulis? Masing-masing pribadi pasti punya motivasi yang berbeda-beda. Mulai dari motivasi yang idealis seperti ingin memberikan pencerahan kepada orang lain sampai motivasi ingin jadi terkenal dari menulis. Apa pun motivasi awal Anda menulis, sekaranglah waktunya Anda menilik kembali. Sudahkah motivasi yang Anda tanamkan pada diri Anda itu, mampu membawa Anda untuk menciptakan sebuah karya? Sudahkah Anda produktif dalam menulis? 


Baiklah, terlepas dari segala motivasi pribadi Anda. Saya punya resep tersendiri untuk selalu memotivasi diri agar produktif. Resep ini diajarkan oleh guru menulis saya. Begini resepnya, bila Anda membeli sebuah buku. Maka Anda hitung berapa harga Buku Anda. Misalkan harga buku Rp. 50.000,- dan terdiri dari 10 BAB. Berarti setiap Anda membaca 1 BAB, Anda harus menghasilkan 1 ide CERPEN/ ide buku Non Fiksi. Bila Anda membaca 1 buku itu berarti Anda mempunyai 10 IDE.


Bayangkan, ketika Anda membeli buku Anda targetkan dalam hati. "Setelah saya membeli buku ini saya harus menulis dan menghasilkan uang 10 kali lebih banyak dari harga buku ini." Memang kelihatannya tidak idealis tapi ini logis. Karena setiap apa yang kita baca adalah modal bagi karir kepenulisan kita. Setiap VCD yang Anda tonton harus mampu menghasilkan 10 kali lipat dari harga VCD yang Anda beli. Atau 50 x lipat! Atau 100 kali lipat!


Terbukti motivasi ringan ini mampu menggerakkan seluruh pikiran, badan dan waktu saya untuk selalu menulis, menulis dan menulis! Tentu saja selain motivasi 'NGGA MAU RUGI' di atas, kita juga tetap setia pada motivasi idealis kita. Apa pun itu.


Semangat!
Salam Penuh Cinta
Love Asset
Achi TM

No comments:

Post a Comment

 
BLOGGER TEMPLATE BY Langit Amaravati