(Wajib dibaca buat yang mau nulis FTV) Jangan Pake Setting Planet Mars

Wednesday, December 10, 2014

Banyak inbox, mention twitter atau email yang meminta kesediaan saya untuk membaca sinopsis FTV atau skenario yang mereka buat. Dengan harapan saya bisa mengajukan sinopsis dan skenario itu ke PH kemudian tadaa jadilah satu tayangan FTV. Tidak semudah itu :( pertama saya bukanlah produser yang bisa dengan mudah memutuskan ini Acc yang itu ngga Acc lalu ajukan ke TV.

Oke, cara kerja nulis FTV versi saya begini, saya ngga tahu kalau versi penulis skenario lain. Kan tiap-tiap PH dan Stasiun TV punya kebijakan berbeda. Tapi pada umumnya, dari pengalaman menulis FTV di 3 PH inilah jalur yang harus ditempuh.

Stasiun TV punya keinginan program/tema apa yang mau diangkat lalu order ke PH ---> PH lalu order sinopsis ke penulis-penulis mereka (saya salah satunya) ---> saya  lalu membuat beberapa sinopsis ---> kirim pe PH, disortir produser ---> Produser kirim ke TV, disortir orang program, ACC or TOLAK ---> kirim balik ke penulis sinopsis yang di ACC ---> TULIS ---> Kirim ke PH, dikoreksi di PH, OK, kirim ke TV, OK, ada dua kemungkinan setelah itu : SYUTING (dapat bayaran) Batal Syuting karena kebijakan TV yang berubah (Ngga dapat bayaran)

Nah, cukup panjang kan jalur yang harus ditempuh? Jadi, saya ngga bisa dengan mudah serta merta kirim sinopsis teman-teman ke PH. Apalagi kalau orangnya tidak saya kenal, kirim sinopsis sambil bilang : Saya butuh uang cepat buat biaya berobat dll dll. Bukan saya ngga mau bantu, tapi kalau sinopsisnya jelek, saya harus gimana? Setidaknya saya tahu standarnya apa yang dimaui TV. Kemudian kalau pun di ACC proses penulisannya bisa seminggu, bisa untung kalau habis tulis langsung syuting, kalau tiba-tiba batal dan ngga dapat duit gimana? Masa saya harus nombok?

Ne ne ne

Saya sudah kapok sekaliii... kasih kerjaan sembarangan ke orang. Karena pernah naskah yang dia tulis dicancel, saya ga bisa bayar dia, eh dia ngamuk-ngamuk di FB, jelek-jelekin saya sebagai makhluk jahat sejagad raya. Padahal dia orang yang saya kenal baik. Gimana kalau sama orang yang ngga saya kenal?

Padahal, nih, selama 8 tahun nulis skenario (masih seumur jagunglah) saya sering banget FTV-nya dicancel. Sampai puluhan juta juga saya ga bisa dapat honor. Saya cukup sekali nagih, kalau mereka ga kasih, saya ngga punya kekuatan kontrak apa pun. Karena kontrak dilakukan di akhir proses penulisan kalau disyuting. Kalau ngga syuting ya ngga kontrak. Tapi dengan saya sabar, ya udah ikhlasin, saya kirim lagi ke PH yang sama, PH itu akan welcome sama kita dan kita terus dikasih kerjaan. Tentu saja ini PH yang kredibel. Kalau PH abal-abal dan keseringan ga bayar honor mah... capek deeh....

Oke

Setelah tahu proses nulis FTV yang sebenarnya ngga terlalu ribet. Sekarang saya mau kasih sedikit TIPS supaya sinopsis FTV kamu bisa nembus ke PH. Salah tiganya ini :

1. Boleh memasukkan nilai-nilai moral, tapi buatlah tersirat. Moralnya ngga usah ditulisin sampai setengah halaman. Tapi buat melalui cerita, melalui adegan, sehingga lebih enak dibaca.

2. Buat cerita yang komplit padat dan ringkas dan lucu (buat komedi romantis) dramatik dan ngenes (buat FTV Drama) sehingga saat produser membaca, dia sudah punya bayangan nih akan seperti apa naskahnya, akan seperti apa penampakan di filmnya.

3. Buat judul yang unik. Contoh saya pernah diorder sama PH untuk membuat FTV Spesial Ultah SCTV. Saya buat judul : 22 Cinta Surya Untuk Citra. Nah, isinya sih ditolak sama SCTV, masih biasa katanya. Tapi karena mereka SUKA sama judulnya, mereka meminta saya untuk menulis cerita baru dengan judul yang sama dan tadaa... jadilah 22 Cinta Surya Untuk Citra.

4. Ingat ini nulis FTV bukan nulis novel. Kalau nulis novel kamu bisa membebaskan dirimu seluas-luasnya dan segila gilanya imajinasimu. Mau bikin tokohnya ngebom Monas, kek, atau si tokoh menghancurkan gedung, terbang ke planet mars, atau dia jatuh cinta sama alien sah sah aja... kalau kapasitasnya adalah FILM dengan catatan filmnya punya budget gede, tapi kalau FTV?

Dengan budget yang 200-500 juta apa bisa bikin seperti itu? Sah sah aja kamu mau cerita pakai setting di Kalimantan, Papua, atau Aceh, asal untuk FTV berbudget tinggi, spesial dan budgetnya di atas 500 juta itu. Kalau budgetnya standar ya paling Yogya, Bali, Bandung dan sekitarnya. Itu pun kalau ke Bali atau Yogya, pihak PH biasanya minta 3-4 naskah FTV yang di acc TV supaya bisa balik modal. Jadi ingat FTV juga pemainnya terbatas, ngga bisa bikin adegan kolosal. Nah batasan-batasan ini seharusnya membuat yang mau nulis sinopsis jadi lebih kreatif. Dengan batasan yang ada gimana caranya bikin cerita OKE punya.

Okee... itu dulu sharing tentang FTV, good luck ya ^^

Salam
Achi TM
Novel terbaru yang akan terbit : My YELLOW LETTER dan a Couple Of Writer


114 comments:

  1. Aku kuliah di Broadcasting dan dulunya pengen banget jadi penulis skenario. Namun entah setelah terjun ke sini, aku malah gak menemukan diriku. Yang ada aku makin melebur ke dunia blogging dan berharap mendapatkan sesuatu yang berarti dari sana. :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mba Hilda, salam kenal mbak. Iya kalau aku kuliah di managemen sambil belajar nulis di beberapa sekolah nulis informal. Lalu mulai jadi penulis skenario setelah 2 tahun nulis novel dan cerpen. Aku senang aja sih nulis skenario, jadi bisa bertahan sampai 8 tahun ini ^^

      Delete
  2. Mantap ya sharingnya
    boleh tau mbak, ftv apa saja yg udah tayang yg pernah mbak tulis..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalo saya malah tahu Mbak Achi TM dari FTV" mbak. Banyak banget. Haha mungkin karena saya suka nonton FTV kali ya :D Coba lihat biasanya di SCTV pas film mau mulai/habis ada tulisan Achi TM :D

      Delete
    2. Terima kasih mba Ade Delina sudah membantu menjawab mbak Melly Feyadin ^^ salam kenal semuanya. Iya banyak FTV yang saya buat, judule juga banyak yang saya lupa hehehe. Tapi kalau mau baca novel saya boleh, yang terbaru ada novel Hati Kedua dan Kekasih Cahaya, yang bisa dicari di Gramedia atau tobuk online ^^

      Delete
    3. Ibu Achi saya boleh minta alamat gmail ibu, maaf menganggu waktu nya

      Delete
  3. uwaa keren banget profesinya hehhe...baru tahu bayarnya setelah syuting selesai,kok gitu ya mak??
    salam kenal^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kebijakan PHnya gitu, maunya sih protes mba cuma ya... powernya kecil hehehe, cuma orang kecil :p

      Delete
  4. biasanya butuh berapa halaman? yg dikirim sinopsisnya dulu kan?
    Idem sama mak Hana, profesinya keren :) salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mba Santi Dewi :) iya kirim sinopsis dulu kalau sudah Acc baru garap skenarionya. Sinopsis standar sih 2-3 halaman utk FTV.

      Delete
  5. Aku bookmark nih, Mbak! Pengen bangeeet nulis skenario lagi. Ya walaupun dulu bikin skenarionya cuma buat drama di kampus, doang. Hahhahhahaha. Sip, aku coba-coba deh tips-nya. Trimikisi, Mbaaaak. :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Istiadzah, enak kan nulis skenario? Ayo dong nulis lagi hehe

      Delete
    2. Mbaaa saya bisa minta emailnya mbaa??? Saya suka nulis skenario.. kbtulan saya ijut komunitas film... dan pengen ngembanginn.. trmakasih..

      Delete
    3. Mbaaa saya bisa minta emailnya mbaa??? Saya suka nulis skenario.. kbtulan saya ijut komunitas film... dan pengen ngembanginn.. trmakasih..

      Delete
  6. Replies
    1. Iya mak seruu hehehe apalagi kalau yang mainin FTV kita adalah artis dan aktor yang keren. Pasti gemees

      Delete
  7. keren...! kalau untuk skenario FTV, biasanya berapa jumlah katanya, mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk skenario FTV saya patokannya 80 - 85 halaman mba NitaNinit

      Delete
  8. Wis, bikin ngiler,ya. Seneng kalau naskahnya bisa tembus. Tapi perjuangannya juga sesuatu banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Efi Fitriyyah, perjuangan banget :) tapi kalau sudah terima honornya sesuatu banget.

      Delete
  9. Sebentar, Mbak. Saya baca paragraf pertama saja pakai mirip setrikaan nih--bolak-balik. Benar sepertinya agak riweuh, tapi kayaknya sih bisa dipelajari. Hmm ... penasaran. Dan kayaknya lagi, tantangannya lebih seru dari nulis cerpen. Hehe. Main tebak saja saya nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan hanya menantang mbak Khulatul, tapi juga memacu adrenalin hehehe

      Delete
  10. Nah, pada paragraf ketiga. Saya lebih merasa menjadi menteri perjalanan--tambah sering bolak-balik. Aa...argh!

    ReplyDelete
  11. Suka ngenes sih kalau tulisan kita ditolak, apalagi sinopsi FTV. Blak-blakan dibilang jelek lagi. Duuuh..
    tapi bisa nambah motivasi juga.. beberapa kali ditolak, tapi kalau usaha keras pasti bisa..
    Baca tulisan ini jadi semakin penasaran sama profesi keren ini.. Terima kasih, Mak! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Gulungan Pita :) nah coba cek lagi sinopsis yang sudah ditolak, apakah mengandung 4 unsur di atas? Hehe

      Delete
  12. Kereen Maak... ditunggu lagi ulasannya. Klo bisa di tampilin foto lembaran /susunan sinopsis tu seperti apa? Trmks sebelumnya ya..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. siaaap maak Mutia, lagi cari waktu yang pas buat ngeblog lagi hehe

      Delete
  13. Pengen banget belajar nulis skenario dengan baik. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk info kursus berbayar bisa sms ke Rumah Pena di 085643376193 :)

      Delete
  14. Mantap! jadi tau sisi lain pekerjaan temen-temen... lanjutkan mak, hehehe

    ReplyDelete
  15. Pertama kali membaca ttg kisah dibalik penulisan skenario. Termasuk panjang naskah skenarionya ya Mbak (khususnya utk saya yg nulis 5-6 halaman sdh bingung mau endingnya gimana).

    Oia, salam kenal. Kunjungan pertama di masa 'semi hiatus' ngeblog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Ririe, salam kenal juga :) tapi nulis skenario itu asyik kok, mbak. Apalagi kalau lihat tulisan kita tayang di TV. Puas rasanya ^^

      Delete
  16. Sharingnya oke... Dulu saya ikut training ol mbak Achi. Sayangnya nggak bisa praktekin krn harus pantengin tayangan si Madun tiap malam ya. Mudah-mudahan lain waktu bisa ikutan lagi mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Hidayah, yang penting ilmunya udah tersimpan dengan baik ya :) menambah pengetahuan. Tinggal nunggu waktu yang tepat buat prakteki8n ya mbak :) Semangaaat

      Delete
  17. Ternyata eh ternyata serumit itu yak prosedurnya, Mak (´⊙ω⊙`) saluuut

    Someday, hendak buat skrip untuk FTV euy, Ditunggu elmu selanjutnya ya Mak ^o^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak Nufa Zee... lagi nunggu waktu yang tepat nih buat bisa nulis sharing selanjutnya hehehe.

      Delete
  18. Ternyata,
    Perjuangan nulis skenario itu sesuatu banget ya.....
    ^_^

    ReplyDelete
  19. Pengen jadi penulis ftv, tapi kayaknya aku harus banyak belajar nih. Nulis novel ja gak kelar-kelar. :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Zee ngga harus pandai nulis novel dulu kook ^^ yuuk mulaai lagi belajarnyaa...

      Delete
  20. Thanks for share. Seneng banget baca baca soal FTV di sini.
    Saya udah pernah kirim 9 sinopsis FTV tapi dua bulan nggak ada kabar diacc atau ditolak. Tapi seneng aja karena ditanggapi, apa yang kurang, apa yang harus diperbaiki. Kemarin baru kirim 2 lagi, jadi total 11. *eh kok curhat*

    Salam sukses untuk kak Achi ^^!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Selvia, salam sukses. Wah ditolak di mana aja? Jangan menyerah, remake aja sinopsisnya lalu kirim ke PH lain ya tentu saja harus program TV yang berbeda dgn PH sebelumnya ya ;) sinopsis ngga akan basi kok. Bisa terus diperbaharui.

      Delete
    2. Halo, kak!
      Saya baru kirim ke satu PH, lewat penulis skenario. Berhubung saya hanya kenal sama satu nama itu saja. Hehe ;)
      Iya, tiap sinopsis yang ditolak pasti aku endapkan dulu baru diperbaharui. Meskipun ditolak mulu, tapi alhamdulillah belum kapok buat nulis. :)

      Delete
    3. Halo kak. Kalo boleh tau kak Selvia kirim sinopsisnya ke mana yah? Hehehe pengen coba... kirim lgnsng ke PH nya aja atau gimana ya ? Hehe

      Delete
  21. Terima kasih mba Achi!
    Sebenernya sih saya dari dulu mau buat cerita tentang penulis itu sendiri, tapi karena saya belum pernah mengirim cerita ke PH manapun jadi saya tidak tahu bagaimana proses penilaiannya. namun setelah saya baca artikel mba, saya jadi mendapatkan ide menulis cerita tersebut.
    Terima kasih mba Achi! sharenya sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  22. Selamat pagi dini hari, Mbak Achi.
    Sekedar pemberitahuan: Alhamdulillah, sinopsis saya (Heru Prasetyo) berjudul 'Mencari Maaf untuk Ayah' akan tayang di FTV Rahasia Tuhan Trans 7 pada 11 Desember jam 09 pagi. Silakan dilihat nanti.
    Yang ingin saya tanya begini: saya punya sinopsis untuk Sinema Wajah Indonesia, bisakah anda bantu saya kemana bisa mengirimnya? Terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat kak Heru. Boleh tahu kakak kirim skrip FTV prosedurnya bagaimana dan alamatnya ke mana untuk FTV tersebut? Boleh dikasi tau juga kak tips2 nya agar skrip kita bisa diterima oleh PH tersebut? Terima kasih banyak kak :)

      Delete
    2. Alhamdulillah selamat ya Heru, maaf baru koomen karenna blog ini kemari mengalami perbaikan. Untuk Sinema Wajah Indonesia itu ngga semua PH bisa bikin, dan biasaya temanya khusus, untuk akses ke sana saya belum tahu. Bleh sharing sama Cecilia ttg prosedurnya :)

      Delete
  23. Hmm. . . aku mau nanya nih aku punya sebuah cerita yang bagus banget untuk bisa dijadikan sinetron atau film layar lebar yang menurut saya ini cerita fresh banget atau benar-benar baru dan sepertinya juga saya yakin belum ada cerita yang seperti ini dan juga saya yakin kalau cerita saya ini bisa sukses nanti apabila diangkat ke sebuah film layar lebar atau sinetron, yang jadi pertanyaan saya kemana saya harus mengirimnya?, mohon bantuanya.

    ReplyDelete
  24. selamat pagi mbak Achi. pingin tanya nih, kalau sinopsis yang kita tulis itu, apa kita juga yang menulis skenario sceneplotnya, ya? atau bagian tim phnya sana. dan satu lagi berapa sih kisaran bayaran kita dalam satu sinopsis.
    trima kasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pagi mas, tergantung track record kita. Kalau kita sudah pengalaman nulis biasaya kita dikasih nulis sendiri, tapi kalau ngga ya biasanya PH lempar sinopsis kita ke penulis lain yang lebih pengalaman.

      Delete
  25. Assalamualaikum Mbak, salam kenal. Mau nanya kalu kita punya sinopsis gitu bisa dikirim kemana ya??via email mbk atau kemana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa via email suami saya di gopodadakan@gmail.com, kalau mau ikut kursus privat bikin sinopsis juga bisa ke dia, nanti biaya kursusnya tanya beliau langsung.

      Delete
  26. mbak saya ilham umur saya 14 tahun saya mau mengirim cerita nih ..saya boleh ngak mengirim cerita saya kesini dan bisa ikut filmnya saya ingin sekali rasanya bisa ikut film cerita saya ..ceritanya tentang perjuangan anak indonesia 50 -150 halaman sudah saya buat kalau kurang insha allah saya bisa menambahkannya lagi ..saya mohon mbak atas kerja sama nya nomor hp saya :082255500369 fb saya:ilham impian pengejar gmail saya: ilham firdaus489@gmail .com

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbak saya ilham umur saya 14 tahun saya mau mengirim cerita nih ..saya boleh ngak mengirim cerita saya kesini dan bisa ikut filmnya saya ingin sekali rasanya bisa ikut film cerita saya ..ceritanya tentang perjuangan anak indonesia 50 -150 halaman sudah saya buat kalau kurang insha allah saya bisa menambahkannya lagi ..saya mohon mbak atas kerja sama nya nomor hp saya :082255500369 fb saya:ilham impian pengejar gmail saya: ilham firdaus489@gmail .com mbak saya ingin pergi ke jakarta ikut syuting film saya tapi ngak punya uang tugas saya hanya ingin membhagiakan orang tua itu saja ..mohon mbak pengertiannya ..dan atas kerjasamanya mbak..
      wassallamu*alaikum wr .wb

      Delete
    2. Halo Ilham, semangat selalu ya, tapi maaf saya bukan PH yang bisa bantu kamu buat casting, saya cuma penulis skenario :)

      Delete
  27. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  28. dimana saya bisa kirim cerita ftv ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kirim ke suami saya di gopodadakan@gmail.com kalau bagus kita salurkan ke PH

      Delete
  29. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  30. halo mbak achi,kenalin nama aku rika .. aku memang bukanlah seorang penulis yang handal atau berpengalaman, tapi aku orang yg sangat suka menulis dari bangku sekolah dulu, dan bisa dibilang pemula ,aku ingin melanjutkan cita' dan hobi ku sebagai penulis, mohon di bantu dan diberi saran yang baik , untuk bagaimana bisa menulis satu cerita yang baik.terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Rika, salah satu resep untuk menulis cerita yang baik pertama kali adalah buat tokoh yang unik, ciptakan kehidupan normal tokoh kamu, kemudian jungkir balikkan kehidupannya dengan memberikan tokohmu masalah. Itu rumus dasarnya ^^

      Delete
  31. hallo mbak achi...kenalin aku rahma. aku juga suka nulis, kalau tidak keberatan mbak bisa mampir di www.kompasiana.com/rdp10 . mbak mohon saran serta kritiknya ya...trima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Rahma, salam kenal, tetap semangat menulis ya. Baca juga novel terbaruku berjudul Mr & Mrs. Writer ^^

      Delete
  32. Halo mbak Achi, mau nanya dong mbak. sebagai sangat pemula, kalau mau kirim ke ph cuma sinopsis aja atau udah lengkap dengan skenario, dll? Makasih mbakk :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya biasanya nulis sinopsis dulu, setelah di acc oleh TV, baru lanjut ke skenario. Tahapan nulis skenario udah pernah saya tulis di blog ini, coba cek aja lagi :D

      Delete
  33. Assalamualaikum bunda Achi.. Salam kenal, saya Lyta, 18thn. Saya penulis newbie, alhamdulillah beberapa karya sudah ada yang naik cetak, hwhwhw.. #padahalnggaknanya. Bunda (boleh ndak panggil bunda?)akhir-akhir ini saya sering berselancar di blog bunda, terutama untuk ilmu2 seputar menulis skenario. Sebulan terakhir ini dpt tantangan untuk belajar nulis skenario, saya didaulat jadi scriptwriter dadakan untuk sebuah project short movie di organisasi Gerakan Mengaji Qur'an. Awal nulis sih, pakai format biasa aja, tp kepikiran untuk belajar membuat skenario sungguhan sampai akhirnya tertarik.. jadi mau melebarkan sayap ke dunia kepenulisan skenario bun..

    Kira2 bunda mau ngggak share awal pertama bunda nulis skenario gimana? Komen saya panjang bener ya bun.. Hampura ^_^ hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haaaaii... aduh maaf baru baca komennya dan baru balas. Maklum saya jarang banget ngeblog ^^ nanti saya share ya awal nulis skenario di blog ini ya. Semoga jadi inspirasi. Wah selamat ya buat projectnya. Semoga sukses.

      Delete
  34. Terus kalau udah nulis skenarionya dikirim kemana mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya kita kirim sinopsis dulu ke PH. Nanti setelah di acc oleh stasiun TV, baru PH meminta kita untuk menuliskan naskah skenarionya.

      Delete
  35. Hallo Mbak Archi.. Salam kenal..
    Aku udah sering dengar nama Archi TM. Sering banget pas nonton FTV, nama Mbak Archi muncul terus..
    Aku juga udah mulai nulis sinopsis FTV dan Alhamdulillah FTV-nya udah tayang juga. #curhat

    Oh, ya... email gopodadakan@gmail.com .. email ini nerima sinopsis FTV kah? skenario film, kah? atau nerima skenario sinetron?
    Mohon jawabannya ya Mbak Archi..
    Terimakasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mbak Raya, wah alhamdulillah ya, ayo terus nulis FTV-nya, semoga terus semangat ya. Sementara ini hanya terima sinopsis FTV mba :)

      Delete
  36. Assalamualaikum ka achi. Kalau saya punya sinopsis ftv yang bagus apakah ka achi bisa membantu menyalurkannya ke PH?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk saat ini saya hanya menyalurkan sinopsis anak-anak kursus didik saya di Rumah Pena ^^

      Delete
  37. Halo mba achi, apakah pembayaran honor untuk sinopsis FTV dilakukan saat selesai syuting atau sebelum syuting, trims..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya paling lama 2 minggu setelah syuting. Tapi masing-masing PH punya kebijakan sendiri-sendiri. Ada yang 2 minggu setelah tayang di TV juga.

      Delete
  38. hallo mba achi, saya punya beberapa sinopsis ftv , saya masih bisa kah mengirim ke alamat email gopodadakan@gmail.com ??

    ReplyDelete
  39. Assalamualaikum mbak, kalo mau kirim sinopsis FTV ke mana yah?

    ReplyDelete
  40. mbak apakah skenario itu penulisannya sama dengan penulisan Cerpen? mohon bantuannya. terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Irna, beda say. Kalau skenario itu lebih kepada tulisan panduan. Tidak terlalu banyak menggunakan metafora. Bentuknya juga lain.

      Delete
  41. Assalamualaikum mbk achi.
    Mbk boleh tau alamat rumah penanya dmn?
    Ada email yg bisa saya kontak k mbk achi.

    Suwun mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Jln. Omega 1 No 230 - Cimone Permai, Tangerang. Email saya : achi_tm_12@yahoo.com

      Delete
  42. Mbak. Saya mau coba peruntungan di dunia menulis nih. Boleh nggak saya kirim sinopsis naskah buat ftv ke sini. Saya kirim ke alamat email apa ya,??

    ReplyDelete
  43. Malem Mba.. apakah saya bisa nitip sinopsis FTV saya melalui mba? ke email gopodadakan@gmail.com ya? Mohon bantuannya..terimakasih..

    ReplyDelete
  44. Aku yulia ada tulis sinopsis mau dijadikan ftv

    ReplyDelete
  45. Asalamualaikum.. apakah akun ini masih aktif?

    ReplyDelete
  46. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  47. Saya pernah mengirimkan skenario film ke PH, tetapi ditolak karena latar waktunya pas masa Revolusi Nasional tahun 1948 sampai 1949. Mungkin PH tidak sanggup memproduksinya karena memerlukan biaya produksi yang tidak sedikit

    ReplyDelete
  48. Assalamualaikum,
    salam kenal..
    saya yana
    mau tanya, klo format sinopsiskan courier new uk.12 spasi . Terus itu pake rata kanan-kiri tidak ya ..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo mau belajar tampilan format menulis skenario, bisa liat langsung di youtube, dan saya biasa menulis pake software khusus nulis, namanya final draft.
      Maaf ya, tidak ada maksud untuk menggurui, hanya bantu jawab saja :)
      #bantujawabsaja.

      Delete
  49. Saya tertarik sekali ingin mengirimkan sinopsis/ide cerita melalui mbak achi bisa y? Kirim ke mana y sebaiknya?

    Trims salam :)

    ReplyDelete
  50. Saya punya cerita bergambar yang saya buat pada tahun 2000 dengan judul FRIEND dan cerita horor movie pada tahun 2008 dengan judul PULAU MISTERI, untuk cerita dapat ditambah atw dikurangi sesuai kepentingan dan baiknya... Hp. 085262361658

    ReplyDelete
  51. Assalamualaikum Mba, mau tanya kalo kirim cerita film ke Ph kira2 bagaimana prosedur dan format tulisannya ya?
    terimakasih

    ReplyDelete
  52. Asalamualaikum mba... Saya cuma mau rekom tempat syuting di desa saya,kebetulan desa saya adalah tempat wisata yang jaraknya sekitar 2 jam saja dari solo.
    Telaga sarangan,itulah tempat wisata di desa saya,hanya 30 menit dari tawangmangu.
    Untuk foto bisa googling atau saya kirim via email mba. Saya sangat bersyukur sekali jika desa saya bisa digunakan untuk syuting acara FTV.. terima kasih

    ReplyDelete
  53. Terima kasih atas ilmunya,, makin tertarik nih sama dunia kepenulisan.

    ReplyDelete
  54. Terima kasih atas ilmunya,, makin tertarik nih sama dunia kepenulisan.

    ReplyDelete
  55. Terima kasih atas ilmunya,, makin tertarik nih sama dunia kepenulisan.

    ReplyDelete
  56. Assalamu'alaikum mba achi..
    Mau sharing sekaligus nanya2 ni :)
    Jujur saya masih pemula di bidang ini, baru mulai belajar & nulis2 sinopsis 2 bulan lalu..
    Dan alhamdulullah tgl 5 november kmren sinopsis saya diterima salah satu PH dan sesuai emailnya sinopsis itu sudah dikirimkan ke penulis script PH tsb.
    Menurut pengalaman mba achi, kira2 berapa lama fee dari sinopsis itu kita terima ya? Karena sampai sekarang saya belum dihubungi lg oleh pihak PH nya (sebelumnya mereka sudah minta no hp saya)
    Minta pencerahan'y mba, makasih.. :)

    ReplyDelete
  57. Salam kenal mbak Achi
    Saya tertarik buat skenario karena ada artis favorit saya, apa sipenulis bisa order artis pemeran yang di inginkan?

    ReplyDelete
  58. Assalamualaikum mbak aci. Salam kenal. Bisa gak kirim berupa cerpen?

    ReplyDelete
  59. Setelah baca tulisan ini, jadi pengen menulis skenario FTV atau sinetron. Terimakasih pembelajarannya.

    ReplyDelete
  60. Sebenarnya pgn tulis kisah nyata ttg seseorang lewat Ftv ini. Tp gk tw caranya. Bukan krn tergiur sama uangnya. Tp krn ceritAnya sgt mirip kyk sinetron di tv. Dan
    itu nyta.

    ReplyDelete
  61. Assalamualaikum, salam kenal Kak. Mau nanya kalau kita punya sinopsis gitu, kita bisa kirim kemana ya Kak?

    ReplyDelete

 
BLOGGER TEMPLATE BY Langit Amaravati