Andai Aku Menjadi Ketua KPK

Friday, November 16, 2012


Andai Aku Menjadi Ketua KPK

            Korupsi yang sudah mengakar di semua lapisan masyarakat, harus mendapatkan perhatian serius. Perlu dilakukan hal-hal baru dalam pemberantasan korupsi ini oleh KPK. Yang paling tepat adalah memberikan efek jera dan kapok kepada para koruptor agar mereka tidak mau korupsi lagi. Juga bagi orang-orang yang berniat korupsi untuk mengurungkan niat mereka.
            Di antaranya hal-hal yang bisa dilakukan adalah:

1. Menjadikan KPK sebagai lembaga tinggi negara yang mempunyai kewenangan khusus dan tidak bisa diintervensi oleh lembaga lainnya termasuk kepolisian.

2. Pusat informasi KPK yang menampung aduan masyarakat dan juga memberikan informasi kepada masyarakat tentang pemberantasan korupsi dan kegiatan yang dilakukan oleh KPK.

2. Menjadikan KPK sebagai badan intelijen rahasia dengan anggota dari semua lapisan masyarakat. Agen khusus KPK bertugas seperti penembak misterius (petrus). Berbeda dengan petrus, KPK di sini hanya menangkap dan mengikat para koruptor di tempat-tempat umum dan biarkan polisi yang membawanya ke penjara.

3. Membuat efek jera dengan arak-arakan keliling bagi para koruptor. Dibuatkan tempat khusus seperti akuarium agar masyarakat bisa melihat koruptor tersebut dan juga apa yang sudah dikorupsi.

4. Penanaman malu korupsi mulai dari anak-anak sebagai tindakan pencegahan munculnya korupsi di masa datang.

http://lombablogkpk.tempo.co/index/tanggal/1018/Asri%20Rakhmawati.html

No comments:

Post a Comment

 
BLOGGER TEMPLATE BY Langit Amaravati