Merekam Jejak Menulis ‪#‎NovelPertama‬ - Novel HIMITSU

Monday, May 11, 2015

Merekam Jejak Menulis ‪#‎NovelPertama‬

Ini adalah Himitsu, novel pertama saya yang diterbitkan oleh QultumMedia. Dicetak pertama kali 4500 eks dan dalam 1 tahun sudah terjual 2000 eks. Dalam kurun 2 tahun sudah habis 3500 eks, sisanya diserap pasar dengan agak lamban. Sayang ngga cetak ulang karena penerbitnya tidak lagi menerbitkan novel Islami.
Awal mula saya mengirimkan naskah ini ke penerbit, saya tidak langsung kirim hardcopy. Yang saya lakukan adalah menelepon satu per satu penerbit yang saya nomor teleponnya saya dapatkan dari buku-buku koleksi saya. Pertanyaannya hanya satu : "Apakah menerima novel remaja islami?" Beberapa penerbit yang memang biasa menerbitkan naskah islami bilang sedang tidak menerbitkan, dengan alasan ABC. Lalu Qultum Media menyambut saya. Maka segeralah saya print novel itu di warnet, mengeluarkan sejumlah ratusan ribu, plus biaya menjilid dan kirim naskah.

Seminggu kemudian saya baru ingat bahwa saya harus konfirmasi ke penerbit. Saat itu disambut editor pertama saya, tree prihantini. 
"Assalamualaikum Mbak, saya Achi, saya mau tanya apakah novel saya yang berjudul Himitsu sudah sampai ke meja redaksi? Takut ngga nyampe soalnya kirim pakai pos."
Kata editor : "Oh sudah sampai Achi, kebetulan naskah ini baru kita acc tapi kita bingung karena tidak ada alamat dan nomor telepon pengirim/."

Wow! Seneng banget, dong! Cuma 1 minggu lho sudah di acc. Dan proses terbitnya pun super cepat. 2 atau 3 bulan sudah selesai dan saya sudah menerima DP royalti plus bukti terbitnya. Bersama teman saya, saya membuat launching buku sendiri dengan biaya sendiri. Iyalah, masih penulis pemula siapa sih yang mau launchingin hehehe... kalau sekarang alhamdulillah, penerbit-penerbit pada berbaik hati melaunchingnya novel saya ^^
Novel ini terbit pertama kali tahun 2008, bareng bersama novelnya Ollie dan mbak Ifa Avianty sempat talkshow bareng di Jakarta Book Fair. Novel ini saya tulis tahun 2006, ditulis selama 3 bulan. Namun idenya sudah mengendap sejak 2005. Novel ini adalah bentuk realisasi janji saya terhadap sahabat saya yang pernah memakai narkoba. Alhamdulillah sahabat semasa sekolah saya itu sekarang sudah tidak memakai narkoba lagi. 
Dari novel ini juga saya mendapat puluhan email, kebanyakan email dari remaja yang mengatakan bahwa mereka berubah atau mau berubah setelah membaca novel ini. Bahkan ada pemakai narkoba (remaja SMP) yang akhirnya mau masuk rehabilitasi setelah membaca novel saya (menurut pengakuannya di email). Sejak saat itu, saya semakin semangat untuk membuat novel yang bermanfaat.
Tahun 2013, novel ini direpublish di Elex Media dengan cover berbeda serta beberapa penyesuaian. Ini novel bagus buat remaja. Novel Himitsu versi Elex media ini masih bisa kamu dapatkan di toko-toko buku Gramedia se indonesia atau toko buku online. 



Achi TM
Novelis Insya Allah, Sah!

No comments:

Post a Comment

 
BLOGGER TEMPLATE BY Langit Amaravati