All About novel LOVE ASSET

Sunday, January 1, 2012

Love Asset Selama enam tahun saya bergelut dalam dunia tulis menulis, baru di novel inilah saya diberikan kepercayaan untuk menjadi seorang editor novel! Wow! Novel ini dibuat saat kami sama-sama melakukan kopi darat komunitas penulis perempuan. Di sana, terbetik ide untuk membuat sebuah novel berantai. Awalnya aku sempat ragu, bagaimana coba caranya bikin novel berantai? Tapi ide itu terus bergulir sampai akhirnya aku ditunjuk sebagai editor dan penyelaras isi.


                                                     Novel Love Asset cetakan kedua 

Oke... sekarang apa yang aku harus lakukan sebagai penyelaras isi? Tentu saja aku harus menyelaraskan isi 16 tulisan dari 16 kepala yang berbeda sehingga menjadi SATU NOVEL yang bagus dan berkualitas. Cks, kebayang, dong susahnya?

Kalau dibilang susah iya, tapi karena aku didukung penuh oleh suami dan 16 penulis lainnya, aku pun memutuskan untuk terus bertahan mengerjakan proyek ini. Kesibukanku sebagai penulis skenario pun harus kejar-kejaran dengan kesibukan mengedit novel. 2 Hari sekali, penulis akan mengirimkan bab 1, bab 2, lalu terus begitu sampai dengan ending. Nah, setiap penulis mengirimkan tulisannya aku wajib membacanya kemudian melihat garis besar cerita yang sudah disepakati bersama. Sesuaikah ceritanya dengan GBC? Sesuaikah karakter tokohnya dengan karakterisasi yang sudah disepakati juga? Sesuaikah gaya bahasanya dengan gaya bahasa bab 1?


                                           250 Eks Love Asset dalam launching terjual habis!

Yap! Karena ini adalah novel -bukan kumpulan cerpen- yang ditulis oleh 16 kepala maka sebisa mungkin semua orang harus mempunyai gaya bahasa yang mirip. Dan sebagai editor aku memutuskan gaya bahasa di Bab 1 harus menjadi panutan semua penulis. Karena sejak membaca Bab awal, pembaca sudah mempersiapkan diri untuk terus menikmati gaya tulisan yang seperti itu. Apabila mendadak berubah di bab 2 tentu saja pembaca akan mengernyitkan dahi bukan?


                                  Sebagian penulis Love Asset dalam launching novel Zara Zettira 

                                                  Novel Love Asset di tangan Zara Zettira ZR

Nah, kendalanya tak semua penulis punya kemampuan untuk mengikuti gaya bahasa seseorang. Di situlah aku turun tangan untuk menyamakannya. Minimal tidak terlalu jauh dengan gaya bahasa di bab 1. Nah, setelah aku mengecek semua cerita dari Bab 1 sd Bab 23, aku melempar kembali ke penulis untuk direvisi. Setelah direvisi dikirim balik ke aku lalu aku poles lagi. Menambal-nambal tulisan yang masih kaku, menambahkan konflik supaya lebih bernas, menyamakan karakter yang agak melenceng dan tentu saja mengedit EYD.


                                                     Liputan Love Asset di majalah Sekar

Fyuuh... ini ternyata bukan pekerjaan mudah. Hampir setiap malam aku tidur pukul 02.00 karena terkadang harus menunggu si penulis kirim revisian. Udah berasa emak-emak nunggu anak gadisnya pulang ^_^. Well... tapi ini sebuah pengalaman seru. Karena setelah selesai aku selaraskan dalam waktu 30 hari aku melempar semua novel ke penulis. Dan ternyata masih ada aja kekeliruan, ya maklumlah novel ini berjumlah 268 halaman A4. Dengan berbagai karakter kepenulisan. Menambalnya pasti tidak bisa sempurna. Tapi berkat kerjasama ke 16 penulis maka novel ini pun menjadi sempurna. Perfect!

Dengan bantuan dari manajer novel ini, mbak Ayi Putri maka novel ini pun mulai diproses untuk menjadi sebuah buku. Awalnya karena harus mengantri cetak di percetakan, kami pun mencetak 250 eks pertama dan terjual ludes dalam acara launching novel kami! Fantastis! Karena banyaknya permintaan, kami pun bergegas mengurus percetakan kembali dan kini Love Asset dalam proses cetak 10 ribu eks! 500 eks awal sudah habis melalui indent.


                                                       Promosi Love Asset di Radio D FM

Well! Ingin tahu bagaimana sinopsis singkat Love Asset? Kunjungi page Love Asset di Facebook dan dapatkan pengalaman seputar cinta yang berbeda dari biasanya. Ini bukan sembarangan kisah cinta, ini adalah perjuangan untuk mendapatkan cinta abadi. Karena cinta sejati tak akan pernah tertukar sekali pun oleh asset! 




Salam LOVE ASSET
Achi TM
Editor and Writer Love Asset

*ingin pesan Love Asset? Silakan sms ke 085643376193
Butuh editor dan penyelaras isi untuk novel yang sedang Anda buat? Silakan hubungi saya. 

6 comments:

  1. sukses dengan love asset-nya ya ...
    salam kenal mbak ...

    ReplyDelete
  2. Sama-sama mba Dey :) ayo dipesan novelnya xixixixi... sebelum masuk gramedia ^_^

    ReplyDelete
  3. weitsss... mantap! kebayang susahnya tapi kalian hebat bisa ngelewatinya. salute!

    ReplyDelete
  4. wow, covernya tebel yaaa. keren deh :D

    ReplyDelete
  5. Terima kasih mba Ima :) semoga perjuangan kami semua akan membuahkan hasil yang manis, ya. Meski di kanan kiri terdengar suara-suara sumbang hehehe... tapi maju teruus!

    Aviii... makasiih say! Pesen dong! Langsung ke aku bisa nanti dapat tanda tuangaan dweeeh

    ReplyDelete

 
BLOGGER TEMPLATE BY Langit Amaravati