Laporan Hati : Launching Novel Insya Allah, Sah! Gramedia Central Park. Sah? Saaah....!!!

Friday, June 12, 2015


Entah udah kebiasaan atau memang begitu takdirnya -setiap mau launching aku pasti sakit-. 
Dan aku selalu sakit kalau aku kepikiran mau cantik. 
Seperti yang sudah-sudah, sebulan sebelum launching, aku mau wajahku lebih bersinar ngalahin matahari  maka mulailah aku pakai perawatan. Kali ini bukan semprot2an wajah yang bikin masuk angin, ini perawatan biasa saja, pakai susu pembersih, toner, cuci muka dan moisturizer. Udah gitu doang, tapi cukup capek ternyata, ya. Pagi-malem-pagi-malem sampai tidur gak nyenyak karena berharap besok pagi wajahku udah berubah seperti cinderella... jreng-jreng ternyata beneran ngga!

Nah, masih soal penampilan, aku kemudian membeli baju bongkar celengan  baru, secara gamis-gamis yang lama udah pada kekecilan. Oh sumpah sepertinya aku harus diet. Ceritanya aku beli baju bahan tipis (ehm bahannya ceruti apa shifon ya? Kagak bisa bedain) nah, kalau pake gamis tipis kan harus ada dalemannya. Alhasil beli, deh, dalemannya. Klop jadi deh. Tiba-tiba aku baru inget kalau tante ulang tahun dan ada arisan keluarga juga. Karena ngga keburu beli kado, akhirnya daleman gamis tipis yang aku beli seharga 165 ribu itu harus aku bungkus dan kasih ke tante... hahaha tante ga baca blog, kan? jadi lanjuut. Tapi untungnya masih ada gamis yang lamaa... jadi bisa didobel. Dan akhirnya pake gaun ini, deh.






Okeh! Lanjut... kebat-kebit launching bukan soal penampilan saja, hal yang utama jadi pikiran adalah : SIAPA YANG MAU DATANG KE LAUNCHING PENULIS CANTIK BELUM TERKENAL INI? Mengingat menyebar undangan lewat facebook ngga efisiean, akhirnya aku membuat undangan sendiri, cetak di teman murah meriah deh. Cetak 200 kartu, dan disebar ke semua teman yang aku punya. Dari yang penulis, sampai teman-teman komunitas Hijabers Syari Tangerang. 

Tapi ternyata, kegugupan dan kecemasan itu menciptakan sakit. Aku sakit mulai dari sakit flu, batuk pilek, sakit pinggang, udah sembuh, eh sakit darah tinggi, kolesterol, buseeet bisa dapet The Most Penyakitan Women Award of The Mon ini siiih.... Kata dokter mah, jangan stress dan jangan banyak pikiran. Sumpah, dok, saya ngga stress, ngga banyak pikiran, cuma cemas. *sama aja keleeeuuss....

Meski sakit pun tetap harus tektokan koordinasi sama mba Editor GPU yang cantik, nyari sponsor dan ada beberapa teman bisnis yang kasih sponsor gratisan buat isi goodie bag, konfirm sana sini sambil baringan di kasur. Hosh! Lalu badan berangsur sembuh menjelang hari-H. Pas Hari-H malah FIT bukan main, cuma kelaperan aja karena kejebak macet dan ngantri makannya lamaa. 

Segala sesuatunya jadi agak kacau karena aku kelaparan, ya, buuu daripada pingsan di tengah panggung nanti ga ada yang ngangkat kan mendingan makan. Ceritanya si bu Editor ngajak makan nih di restoran depan Gramed, kata hati penulis norak ini : Wah gue dibayarin asiklah. 
"Bawa berapa orang mbak?"
"Delapan orang mbak."
Gue yakin tuh mbak Editor pengen makan orang. Mbok penulisnya satu, yang nemenin banyaaak!
Akhirnya dia ngajak makan, membiarkan kita memesan ini itu, lalu pergi ke tempat launching buat ngurus ini itu. Eh ceritanya udah kelar makan, nih, si mbak editor ga dateng-dateng. Duh gimana, ya? Udah jam 2, acara udah mau mulai tapi ini makanan siapa yang bayar? Mana EMCI ada sama gueee!

Akhirnya si papa dateng setelah menyepi untuk mengerjakan naskah skenarionya. Setelah makan dengan cepat jatahnya dia nanya, eh kok belum ke sana? Lhaaa ini yang bayar siapa paah? Kata papa : Ya udah, sih, bayarin aja dulu. Jangan kayak orang susah.
Okelah!
Akhirnya jreng jreng ke kasir, kasir nyebutin sekian rupiah, papa pede dong ngasih kartu debet. Kata si kasir : Oh maaf, Pak, di sini ga terima kartu debet. Haaah? Mukee gilaa, terimanya kartu kredit doang. Akhirnya kita berdua rogoh-rogoh kantong. Hak hak untung ada uang kes. Et dah ni resto elit banget sampe bayar aja sulit.

Singkat cerita, daku (ih tadi aku terus gue terus daku-ah suka-suka ya) ke toilet, cemas, gugup, memastikan badanku kurus masih fit lalu aku dipanggilin sama moderator akan temen Rumah Pena sendiri : "Wooi Encuuy elo dimanaa? Buruan acara udah mulaaai" jreng jreng (efek kebanyakan nulis skenario sinetron) akhirnya gue datang ke lokasi. WUiih udah pada ngantri undangan. Alhamdulillah Ya Allah, yang dateng banyaak. Padahal sempet jiper karena di ruangan sebelah ada launching buku Ahmad Fuadi juga. Huhuhu... tadi kukira Sogil CS udah main, tapi ternyata ada fashion show dari pihak TOKO. Jiaah editor GPU pada kebat-kebit :

"Mbak achi ini gimana kok acara belum mulai?"
"Lho? MC bilang katanya fashion show dulu?"
"Kita ga tau ada fashion show."
mulai deh ribet, tapi akhirnya kita ngalah, pihak toko bikin fashion show hix. 15 Menit kemudian. Baru MC dan band Sogil membuka acara. Yeay! Seru seru! Ada yang stand up comedy juga, ada yang baca puisi, ah semuanya persembahan buat novel Insya Allah Sah! 

Setelah itu mulailah MC memanggil moderator, editor dan penulis alias aku sendiri. Sebenarnya agak khawatir itu kursi di depan panggung muat kagak ya, secara gue kurus gendut banget gini. Eh alhamdulillah ga ngejengklang.

Acara diskusi seputar novel pun dimulai. Aku bercerita soal gimana mulanya keajaiban Allah membawaku kepada GPU, lalu latar belakang pembuatan Insya Allah Sah! Mbak Editor cantik juga menjelaskan soal gimana ribetnya merevisi novel bolak-balik terus ngasih tau syarat-syarat supaya naskahmu diterima oleh GPU. (Nah cerita ini jelasnya nanti daku tuliskan dalam postingan tersendiri) 

Selesai diskusi dan tanya jawab yang seru, lalu dimulailah edisi tanda tangan dan foto bareng penulis. Eh tapi penulis-penulis lain banyak yang ngerubungi editor, sementara gue dirubungi lalet Nging ... nging... nging... beginilah nikmatnya derita jadi penulis BELUM TERKENAL-TERKENAL AMAT.

Tapi yaa, untung beberapa orang insyaf yang melihat aku cengo berdiri manis di atas panggung langsung datang membawa buku Insya Allah Sah dan jreng jreng, minta tanda tangan. Asik asik --- iih norak bener luu *toyoor*

Setelah itu ngobrol-ngobrol, ketemu beberapa temen maya yang ngefans mau ngobrol sama aku. Setelah itu seperti halnya penghabisan setiap acara launching adalah foto-foto bersama. Sayangnya yang masih tersisa hanya berapa belas orang, padahal yang datang ada 120 orang lebih. Ihix....

Buat teman-teman yang tertarik membeli novel Insya Allah, Sah! Bisa sgera didapatkan di toko buku Gramedia kesayangan Anda. Atau sms aja ke Rumah Pena di 085643376193 untuk edisi bertanda tangan ^^

Salam Sukses!
Achi TM
Penulis Insya Allah, Sah!


2 comments:

  1. Haha....saya baru saja baca buku Cloud(y) loh, Kak. (*Saya panggil Kak aja deh). Dan sekarang lagi mau namatin sekuelmnya, Sun(ny). Hehehe.... salam kenal. :)

    ReplyDelete
  2. Ayooo ayoo dibaca dan dibeli juga dong novel Insya Allah Sah nyaa yaa...

    ReplyDelete

 
BLOGGER TEMPLATE BY Langit Amaravati