Di Balik Kesulitan Kita Ada Rejeki Orang Lain

Saturday, June 18, 2016

Hari ini adalah hari pembagian rapot Abiy, anak pertamaku yang guantengnya ngalahin Dude Herlino - ampun mas Dude- ya abis pas hamil dia aku lagi ngidam sama Dude, sih, sampe bela-belai nelepon Dude yang lagi syuting. Eh... udah udah bahas dudenya, sekarang bahas tentang bagi rapot.

foto ambil di sini : https://m.tempo.co/read/news/2015/05/20/219667933/jadi-hot-daddy-dude-herlino-belajar-memandikan-anak
Seperti ibu-ibu normal lainnya, saat bagi rapot saya juga dandan dong, ya pakai gamis cakep, jilbab cakep, sepatu cakep minus lipstik n make up, karena emang ga punya make up (kasian amat). Karena sejak shubuh hujan ngga berhenti-henti, aku merengek sama si Papa buat anterin aku dan ABiy ke sekolah pake mobil. Dengan sadisnya dia nyuruh kita naik motor aja, langsung dong aku ngeluarin jurus seribu satu ngambek. Seperti biasa jurus itu selalu sukses kena sasaran, singkat cerita, tanpa mandi-si papa langsung cus anterin kita ke sekolah naik mobil.
Benar saja, sampai di gang masuk sekolah saja sudah macet cet luar biasa. Mobil sudah diparkir di sana sini, jalan pun kayak siput, lama banget. Itu pun ngga bisa berhenti pas di depan gerbang, bisa berhentinya agak jauh kira-kira 50 meter dari gerbang. Ujung-ujungnya gerimisan juga sama Abiy sampai ke depan kelasnya, ya, setidaknya Abiy masih ganteng meski kena gerimis.
Singkat cerita lagi -ketauan males nulis- setelah nunggu cantik bareng ibu-ibu lainnya, akhirnya bagi rapot pun dimulai. Karena bu gurunya abis dua hari full nemenin anak-anak ikut pesantren kilat, bu guru kelihatan lelah banget. Jadi cuma kasih kata pengantar sedikit terus mulai bagi-bagi rapot dan dikasih marchandise handuk dengan nama siswa : Abiy. Seneng, dong, si Abiy apalagi emaknya seneng banget, kan, mayan ga perlu beli handuk baru ‪#‎eh‬.
Si Papa pun nelepon, dia bilang udah ngejemput, nungguin di taman perapatan kantor. Terus aku dan Abiy disuruh jalan ke sana? Hello papaaa... di luar masih gerimiiis... mana tahan basah-basahan gitu kan. Papa bilang, gang bisa masuk ke gang menuju sekolah, dilarang satpam karena udah penuuuh banget mobil yang ngantri. Akhirnya aku nyuruh papa pulang, tapi beberapa menit kemudian berubah pikiran dong, gapapa deh jalan bentaran lalu kirim WA yang apesnya tuh WA nyampe satu jam kemudian. Nyuruh si papa jangan pulang.
Terus aku dan Abiy niat mau nebeng sama mama Nayaka, salah satu CS abiy di sekolah, tapi ternyata mobil mama nayaka diparkir di lapangan yang notabene deket taman, ah nanggung bleeh sekalian aja basah. Aku dan Abiy pun jalan kira-kira 100 meter lagi, gerimis gerimisisan, Abiy nutupin kepala pakai rapot dan didobel dengan handuk marchandise. Aku cukup nutupin kepala pake telapak tangan - yaaa sebenarnya keujanan juga, nutup kepala biar action aja. Tibalah kita di taman dan tadaaa... mobil merah si papa udah gak ada. Huhuhu... rasanya mau nangis meraung-raung, gegulingan tapi malu sama pak pulisi. Akhirnya aku celingukan dan melihat ada ibuu-ibu naik becak.
Kucek-kucek mata sebentar, ratusan kali lewat sini naik mobil dan motor kenapa ya kok ngga ngeh kalau di sini ada tukang becak mangkal? Akhirnya aku melihat satu tukang becak yang nganggur. Karena udah lelah dikeroyok sama gerimis, aku pun mengajak Abiy naik becak, Abiy pun naik becak dan mukanya kelihatan pucat banget.

pict boleh copy dari link ini : http://www.leladies.com/2015/09/09/kisah-nyata-shodaqoh-jumat-seorang-tukang-becak-renta/


Jarak dari kami naik becak ke rumah itu kira-kira 300 meterlah, jalannya pun luruuus aja ngga pake naik turun. Aku memeluk Abiy dan terjadi percakapan menyenangkan.
Aku : Jarang-jarang, kan, Biy, naik becak?
ABIY : Iya, Ma, asik ya ma, pemandangannya indah (padahal yang dia liat tiap hari itu-itu juga hik)
Aku : Nyanyi yuk, saya mau tamasya keliling kota, saya panggilkan becak kereta tak berkuda, becak-becak... coba bawa saya.
ABIY : .... (meneng bae)
Jadi aku heboh sendiri naik becak, hmmm kalau dipikir-pikir udah lima tahun lebih gak naik becak, ya. Lambaaat lajunya tapi kok bikin tenang. Bisa lebih melihat kanan kiri jalan. Mendekati rumah Abiy nyeletuk.
ABIY : Mah, abangnya kuat, ya, bawa mama 95 kilo, Abiy 30 kilo, 125 kilo, mah.
AKU : (ya gak usah bawa-bawa kiloan napa biiy). Iya, abangnya hebat! Kuat!
Begitu tiba di depan rumah aku dan Abiy turun, saat mau bayar aku agak kaget karena abang becak yang sedari tadi mengayuh beban 125 kilo gram itu sudah tua, rambutnya putih semua, kerutannya banyak dan badannya kurus. Ngek... pas naik tadi sama sekali ngga merhatiin abangnya, cuma mikir gimana caranya gak keujanan. Akhirnya yang tadi mau ngasih dikit, diganti jadi ganti agak banyakan. Soalnya abang becak bapak tua ini ngga ngeluh sepanjang jalan, disuruh belok kanan kiri juga diem aja, saat dia nerima uang dengan mata berbinar, semua keluhanku soal hujan hilang sudah.
Papa dan Arkan keluar menyambut aku dan Abiy, hujan belum juga berhenti. Aku buru-buru masuk sambil cerita dengan cepat kenapa akhirnya bisa naik becak.
PAPA : Beginilah cara Allah ngasih rejeki ke tukang becak tua itu.
Ah... aku baru kehujanan dikit ngeluh, jalan hujan-hujanan dikit ngerasa tersiksa, padahal bapak itu menunggu penumpang hujan-hujanan dengan sabar, mengayuh becak dengan penumpang 125 kg dengan sabar... rasanya malu.
AKU : Apa yang menjadi kesulitan bagi kita boleh jadi adalah rejeki buat orang lain, ya, Pa.
Masya Allah... begitu indah Allah mengatur rejeki hamba-Nya.

3 comments:

  1. salam kenal mbak Achi. Saya cuma seseorang acak yang seolah dibelokkan TUHAN untuk membaca salah satu dari karya sampean. Mr & Mrs Writer, yang kemarin saya baca habis kurang dari 12 jam. Sebenarnya itu novel pertama yang saya beli dan saya baca selama 8 tahun suka dengan dunia menulis dan baru 1 tahun ini aktif menulis, cuma untuk blog. kalau disuruh menulis tentang pengalaman saya baca novel mbak itu bisa panjang, lebih dari 1000 kata mungkin. Yang paling saya suka dari cerita itu adalah cara ngembangin dan meliuk - liukkan konfliknya bagus, bikin geregetan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal mba, maaf baru balas, jarang buka blog hehehe. Terima kasih sudah baca novel Mr&Mrs Writer saya, baca juga novel berjudul : Insya Allah Sah, akan segera difilmkan layar lebar oleh MD. Mohon doa semoga lancar. Terima kasih ^^

      Delete
  2. Assalamu'alaikum mbak.. Untuk menulis skenario film layar lebar apakah sama dengam FTV..?

    ReplyDelete

 
BLOGGER TEMPLATE BY Langit Amaravati