Tanya - Jawab Kepenulisan ( Tips Nyari Ide #1)

Thursday, November 13, 2014

Tanya :

Mbak, kok bisa, sih, nulis banyak cerita? Dapet ide dari mana aja?

(noname)

Jawab :

Ehem, saya sudah menulis ratusan naskah skenario stripping, puluhan FTV, belasan novel serta puluhan naskah cerpen. Bagaimana saya mencari ide? Saya paparkan secara singkat padat dan jelas saja ya sesuai dengan apa yang saya lakukan. Catatan : Ini bukan teori sebenarnya, jadi kalau mau teori sesungguhnya yang lebih ilmiah (cieeh) silakan kontek Rumah Pena di : 0855643376193.

Lanjut.

Begini caranya saya mencari ide buat menulis!



Sumber foto : http://4.bp.blogspot.com/-oU3zC7lmDe4/UmMQY8Ddv3I/AAAAAAAABuk/30ydPwOEgB8/s1600/ide-ok1.jpg

1. Nongkrong di WC.  (Kalo lagi makan skip ajee)
    Sudah kebiasaan kali ya, kalau saya di toilet sedang memenuhi panggilan alam, saya selalu bawa koran atau buku atau komik buat dibaca-baca. Ini kebiasaan dari kecil. Nah, biasanya baca cuma beberapa paragraf, sisanya melamun hehehe....

2. Ngobrol sendiri
    Sebut saya gila. Tapi ini memang yang terjadi. Saya suka membayangkan adegan apa yang tiba-tiba melintas. Ngga tahu alurnya bagaimana, pokoknya adegan aja. Saya suka berakting sendiri. Saya bisa jadi dua atau tiga orang yang berbeda.

"Kamu jahat! Selama ini kamu menduakan aku!" kata saya dengan eksyen perempuan.
"Aku mau jelasin ke kamu, tapi selama ini kamu sibuk." Jawab saya yang lain dengan eksyen lelaki.
"Udah-udah, lagian ngapain pacaran terus sampai sembilan tahun, dosa kok ditimbun." sahut suara saya sendiri yang bereksyen bijak.

Nah, dapet konflik, kan? Setelah itu baru deh dipikirin. Siapa tokohnya, kenapa mereka berantem, masalah sebenarnya apa, sih? Dan lain sebagainya. Kadang-kadang saya juga ngobrol sama tembok.

3. Bercermin
    Yakinkan bahwa kamu sudah cukup ganteng dan cantik buat bercermin. Lihat dirimu di sana, lalu lakukan poin nomor 2. (eaaah capek deh)

4. Nonton film India.
    Saya ngga begitu addicted nonton film tertentu, tapi saya suka sama film India. Karena dalam satu film semua ide cerita dia borong. Dari sedih, lucu sampai tragis. Gimana ngeramunya, tuh? Nah, dengan banyak nonton jadi dapat banyak ide. Film india tapinya yaak...

5. Patah Hati
    Saya pernah menulis puluhan cerpen dengan nama tokoh yang sama/. Yaitu laki-laki yang membuat saya patah hati berkeping-keping. Jadi kalau mau produktif, pecahkan saja gelasnya... biar patah... eh... jangan dong. Intinya, sih, sensitif dan peka aja dengan perasaan kita. Menuliskan apa yang kita rasakan bisa jadi awal buat sebuah cerita.

6. Yang agak serius

Nanti ya dibahas di part 2... mau lanjut nulis buku dulu. Baaay....


Achi TM
Rumah Pena/ trainer menulis
Call me : 085643376193 (kursus menulis berbayar di Rumah Pena.)
Mau undang saya isi pelatihan menulis? Langsung kontak saja.

4 comments:

  1. Yang pertama dan kedua sering saya lakuin tuh mbak xD. Ternyata kita punya cara yang sama buat nyari ide :3

    Kunjungin balik ditunggu di http://coretanrifqi.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Rifqi, salam kenal... hehehe iya, kayaknya semua begitu ya... ngga tau kenapa :v

      Delete
  2. Saya juga gitu mbak.. hihii.. sebenernya ktika patah hati sih justru lebih banyak ide ygmuncul.. kerreeen ����

    Kunjungi balik ya mbak Edria81.blogspot.com.. ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mbak Edria, iya mbak saat sedih atau dikecewakan seseorang juga muncul tuh banyak cerita hehe. Oke meluncur yaa

      Delete

 
BLOGGER TEMPLATE BY Langit Amaravati